UB Adakan Rapat Terbuka Senat Dalam Rangka Dies Natalis Ke-50

Universitas Brawijaya (UB) menyelenggarakan rapat terbuka senat dalam rangka Dies Natalis ke-50 tahun di Gedung Samantha Krida UB, Sabtu (05/1).

Dalam rapat terbuka tersebut, Rektor UB Prof Dr Ir Yogi Sugito menyampaikan laporan tahunannya, berupa perkembangan UB selama satu tahun terakhir dan  prestasi yang telah diraih baik di tingkat internasional maupun nasional.

Prof Yogi Sugito mengatakan saat ini UB mengalami perkembangan sangat pesat. Jumlah mahasiswa UB tercatat terbesar 52.376 orang, dengan jumlah PS sebanyak 153, jumlah dosen tetap sebanyak 1.852 orang, karyawan 972 orang serta mempunyai lima kampus, yakni: Ketawanggede sebagai kampus utama, di Puncak Dieng sebagai kampus 2, di Griya Shanta sebagai kampus 3, di Kediri sebagai Kampus 4, dan di Jakarta sebagai Kampus 5.

Sedangkan untuk prestasi yang diraih selama satu tahun terakhir antara lain: Nilai “A” (terbaik) untuk akreditasi institusi PT (AIPT), sertifikat manajemen ISO 9001:2008 untuk semua fakultas, lembaga, dan seluruh unit di UB dan sertifikat ISO-17025:2005 untuk LSIH (Lab Sentral Ilmu-Ilmu Hayati), serta Akreditasi internasional dari IFT (International Food Technology) Amerika Serikat Untuk Fakultas Teknologi Pertanian (FTP).

“Berbagai prestasi-prestasi yang telah diukir oleh para dosen dan mahasiswa UB, untuk 2 tahun terakhir antara lain: juara-1 pada Kompetisi Pangan Internasional di New Orlean-Amerika Serikat pada tahun 2011 dan menjadi juara 1 dalam Kompetisi Karya Ilmiah Internasional “East Asian Medical Students” di Singapura, tahun 2012,”kata Prof Yogi Sugito.

Dalam pidatonya Prof Yogi Sugito menyampaikan bahwa hingga saat ini, UB masih menghadapi permasalahan semakin menurunnya jumlah profesor dan doktor.

“Jumlah profesor dan doktor UB semakin mengalami penurunan sejak tahun 2010. Sehingga, saya menghimbau bagi dosen yang saat ini tidak sedang menjabat tugas negara lain untuk segera mendaftar ke PT di luar atau dalam negeri. Gunakan kesempatan sebaik-baiknya dan jangan sampai menunggu UB tertinggal oleh PT lain,”kata Rektor UB.

Sementara itu, dalam rapat terbuka senat UB selain dihadiri oleh civitas akademik dan perwakilan mahasiswa, juga dihadiri oleh 145 senat, guru besar, dekan, rektor Universitas Negeri Malang Prof. Dr. H. Suparno, dan juga mantan rektor UB, Prof. Dr. Eko Afnan Troena, SE.

Selain pidato rektor, dalam rapat terbuka senat tersebut juga diumumkan beberapa pemenang lomba blog dan UB Annual Quality Award (UBQA).

Pemenang lomba blog untuk kategori dosen juara satu, dua, dan tiga masing-masing adalah: Nanang Suryadi, Prof Dr. Ir. Sumarno, MS, dan Eko Sakti. Untuk kategori staf juara pertama, kedua, dan ketiga masing-masing adalah Rian Piarna, Alfanur Rizal, Rachmad Tsalaatsa. Untuk kategori mahasiswa juara pertama, kedua, dan ketiga masing-masing adalah Faizal Abadi, Ardi, dan Ellen.

Sedangkan pemenang UB Annual Quality Award juara satu, dua, dan tiga masing-masing adalah FEB, Fapet, dan FMIPA (tingkat fakultas); Ilmu Ekonomi, Manajemen, Teknik Pengairan (tingkat jurusan); Pusat Jaminan Mutu (PJM), LPPM, dan LSIH (untuk tingkat unit penunjang pelaksana akademik).

sumber

Leave a Reply