Ditulis pada tanggal 14 August 2012, oleh admin, pada kategori Berita

Bagian Kemahasiswaan Universitas Brawijaya mengadakan acara pelatihan teknik pembuatan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan (LPK) bagi Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ruang jamuan lantai 6, rektorat UB, Senin (13/8).

Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) UB tersebut bertujuaan agar setiap UKM bisa mempertanggungjawabkan kegiatan yang diselenggarakan dengan betul dan cepat.

Kepala Bagian Anggaran dan Perbendaharaan, Dra. Isnaini mengatakanĀ  bahwa dalam pelaksanaan anggaran ada beberapa unsur yang harus terlibat, yaitu kabiro keuangan, kabag anggaran, kasubag dana Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), kasubag APBN, dan kasubag monitoring.

Dikatakan lebih lanjut oleh Dra Isnaini bahwa kegiatan mahasiswa ada yang menggunakan anggaran PNBP dan APBN.

Bentuk kegiatan yang didanai oleh anggaran APBN contohnya adalah kegiatan mahasiswa wirausaha. Sedangkan yang menggunakan anggaran PNBP contohnya invitasi bola voli dan undangan dari Jakarta untuk mengikuti lomba paduan suara.

“Biaya transportasi untuk mengikuti kompetisi paduan suara atau MTQ kita ambil dari anggaran PNPB,”kata Dra.Isnaini

Selain itu,Kasubbag Monitoring dan Evaluasi pada Bagian Anggaran dan Perbendaharaan BAK Lulut Endi Sutrisno, SE, MAB yang memberikan materi pelaporan pertanggungjawaban mengatakan bahwa setiap bentuk kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa harus diuraikan sejelas mungkin dalam laporan pembayarannya.

“Apabila membelanjakan barang atau jasa juga harus ditanya apakah pengusahanya punya NPWP atau tidak?karena membelanjakan uang negara yang mengandung objek pajak itu wajib dipungut pajak. Selain itu faktur juga harus dilampirkan,”katanya.

Dalam membuat pertanggungjawaban keuangan juga harus melampirkan materai dan nilanya juga harus benar.

“Jika membeli barang dengan nominal harga lebih dari Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta menggunakan materai Rp 3 ribu. Jika membeli barang dengan harga lebih dari Rp 1 juta, menggunakan materai Rp 6 ribu,”katanya.

Sementara itu, pemateri ketiga Kasubbag. Akuntansi dan Keuangan, Drs.Suhartono menghimbau bagi Unit-Unit Kegiatan Mahasiswa untuk melihat contoh penyusunan proposal yang benar melalui blogĀ suhartono.staff.ub.ac.id.

sumber