Sesuai struktur Organisasi BAK UB menetapkan tugas  pokok  dan  fungsi masing-masing personil sebagai berikut:

a.Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan

1.Mengadakan Koordinasi dengan pimpinan dan Unit-unit lain (Fakultas/bagian)

2.Memberikan petunjuk dan pengarahan pada stafnya dan bersama-sama bertanggung jawab dalam pengelolaan administrasi sesuai dengan peraturan yang berlaku

3.Mengadakan konsultasi dan meminta pengarahan pada Rektor atau Pembantu Rektor III mengenai hambatan yang dihadapi untuk mendapatkan petunjuk dan penyelesaian

4.Tanggung jawab atas tercapainya seluruh program kerja dan kegiatan yang direncanakan

5.Merencanakan dan melaksanakan pengelolaan kegiatan dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku

6.Menyusun laporan berkala sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku

b.Kepala Bagian Minat dan Bakat

1.Melaksanakan koordinasi dan memantau terlaksananya semua proses administrasi di bidang Minat & Bakat dan kegiatan terkait

2.Menyusun program  kerja dan anggaran bagian.

3.Melakukan pembagian tugas kepada kasubbag

4.Memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program kerja kepada kasubbag dan staf.

5.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas.

7.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM-UB  dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

8.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait, meliputi ijin kegiatan, surat dispensasi, surat tugas, anggaran dan fasilitas pendukung.

9.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa.

10.Membuat laporan kegiatan dan realisasi anggaran bagian secara periodic.

11.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat dibidang kemahasiswaan dan kegiatan terkait.

12.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

c. Kepala Sub Bagian Olahraga

1.Membantu menyusun program kerja dan anggaran bagian minat dan bakat.

2.Menyusun anggaran pelaksanaan kegiatan bidang minat dan bakat.

3.Melaksanakan program kerja bidang minat dan bakat bersama staf

4.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

5.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM terkait dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

7.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait berupa dukungan administrative, anggaran dan fasilitas pendukung.

8.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan olahraga dan seni.

9.Membuat draf laporan kegiatan dan realisasi anggaran sub bagian secara periodic.

10.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang olahraga dan kegiatan terkait.

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

d.Kepala Sub Bagian Seni

1.Membantu menyusun program kerja dan anggaran bagian minat dan bakat.

2.Menyusun anggaran pelaksanaan kegiatan bidang minat dan bakat.

3.Melaksanakan program kerja bidang minat dan bakat bersama staf

4.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

5. Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM terkait dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

7.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait berupa dukungan administrative, anggaran dan fasilitas pendukung.

8.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan seni.

9.Membuat draf laporan kegiatan dan realisasi anggaran sub bagian secara periodic.

10.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang seni dan kegiatan terkait.

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

e.Kepala Bagian Penalaran dan Keterampilan Hidup

1.Melaksanakan koordinasi dan memantau terlaksananya semua proses administrasi di bidang penalaran, ketrampilan hidup dan kegiatan terkait

2.Menyusun program  kerja dan anggaran bagian.

3.Melakukan pembagian tugas kepada kasubbag

4.Memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program kerja kepada kasubbag dan staf.

5.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas.

7.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM-UB  dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

8.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait, meliputi ijin kegiatan, surat dispensasi, surat tugas, anggaran dan fasilitas pendukung.

9.Menyebar luaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa.

10.Membuat laporan kegiatan dan realisasi anggaran bagian secara periodic.

11.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat dibidang kemahasiswaan dan kegiatan terkait.

12.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

f.Kepala Sub Bagian Penalaran

1.Membantu menyusun program kerja dan anggaran sub bagian penalaran.

2.Menyusun anggaran pelaksanaan kegiatan bidang penalaran.

3.Melaksanakan program kerja bidang minat dan bakat bersama staf

4.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

5.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM terkait dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

7.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait berupa dukungan administrative, anggaran dan fasilitas pendukung.

8.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan penalaran.

9.Membuat draf laporan kegiatan dan realisasi anggaran sub bagian secara periodic.

10.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang penalaran dan kegiatan terkait.

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

g.Kepala Sub Bagian Keterampilan Hidup dan Pengembangan Karakter

1.Membantu menyusun program kerja dan anggaran sub bagian Ketrampilan Hidup.

2.Menyusun anggaran pelaksanaan kegiatan bidang Ketrampilan Hidup.

3.Melaksanakan program kerja bidang Ketrampilan Hidup bersama staf

4.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

5.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM terkait dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

7.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait berupa dukungan administrative, anggaran dan fasilitas pendukung.

8.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan Ketrampilan Hidup.

9.Membuat draf laporan kegiatan dan realisasi anggaran sub bagian secara periodic.

10.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang Ketrampilan Hidup dan kegiatan terkait.

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

h.Kepala Bagian Beasiswa dan Bantuan Biaya Pendidikan

1.Melaksanakan koordinasi dan memantau terlaksananya semua proses administrasi di bidang kemahasiswaan dan kegiatan terkait

2.Menyusun program  kerja dan anggaran bagian.

3.Melakukan pembagian tugas kepada kasubbag

4.Memberikan sosialisasi dan pengarahan tentang program kerja kepada kasubbag dan staf.

5.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas.

7.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM-UB  dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

8.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait, meliputi ijin kegiatan, surat dispensasi, surat tugas, anggaran dan fasilitas pendukung.

9.Menyebar luaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan mahasiswa.

10.Membuat laporan kegiatan dan realisasi anggaran bagian secara periodic.

11.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat dibidang kemahasiswaan dan kegiatan terkait.

12.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.

i.Kepala Sub Bagian Data & Kerjasama Alumni

1.Membantu menyusun program kerja dan anggaran sub bagian Data & Hubungan Alumni.

2.Menyusun anggaran pelaksanaan kegiatan bidang Data & Hubungan Alumni.

3.Melaksanakan program kerja bidang Data & Hubungan Alumni bersama staf

4.Melakukan control, evaluasi, pengarahan dan bantuan teknis kepada staf dalam menjalankan tugas.

5.Melakukan hubungan koordinasi dengan bagian lain di lingkungan Kantor Pusat dan Fakultas

6.Melakukan hubungan koordinasi dengan UKM terkait dalam rangka pembinaan dan pelaksanaan program kerja.

7.Memberikan pelayanan kepada UKM terkait berupa dukungan administrative, anggaran dan fasilitas pendukung.

8.Menyebarluaskan informasi yang berhubungan dengan kegiatan Data & Hubungan Alumni.

9.Membuat draf laporan kegiatan dan realisasi anggaran sub bagian secara periodic.

10.Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat di bidang Data & Hubungan Alumni dan kegiatan terkait.

11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan pimpinan.