Ditulis pada tanggal 4 September 2017, oleh admin, pada kategori Berita

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) Ke30 tahun 2017 yang dilaksanakan di Universitas Muslim Indonesia Makassar sejak tanggal 23 Agustus 2017 telah resmi ditutup dengan dinobatkannya kembali Universitas Brawijaya sebagai Juara Umum kembali selama 3 kali berturut – turut.

Oleh karena itu Universitas Brawijaya berhak membawa kembali piala Adikarta Kertawidya. Pencapaian Universitas Brawijaya tersebut mengalahkan Universitas Gajah Mada yang sebelumnya lima kali meraih gelar juara umum. Dari 89 perguruan tinggi yang terdaftar sebagai peserta, dengan total sejumlah 420 Kelompok yang berkompetisi, berikut adalah Juara 12 Besar Peringkat PIMNAS Ke-30 Tahun 2017.

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  4. Universitas Airlanga
  5. Institut Pertanian Bogor
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Negeri Semarang
  8. Institut Teknologi Bandung
  9. Universitas Negeri Surabaya
  10. Universitas Negeri Yogyakarta
  11. Universitas Jenderal Soedirman
  12. Universitas Negeri Malang

Menutup kegiatan tahunan tersebut, Direktur Kemahasiswaan Didin Wahidin berharap bahwa PIMNAS dapat menjadi motivasi mahasiswa Indonesia untuk terus berkembang dan berinovasi, dan nantinya dapat mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia.

“PIMNAS ini merupakan wadah untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai insan terdidik. Bendera kampusnya memang berbeda-beda, namun Anda semua adalah generasi yang nantinya akan memberikan kontribusi nyata untuk kemajuan bangsa,” ujar Didin.

Didin juga menekankan bahwa dalam ajang tersebut, tidak ada yang kalah, karena semuanya adalah juara. 

“Juara untuk Indonesia yang lebih baik,” tegas Didin.

Pemenang Lomba Presentasi dan Poster Karya Ilmiah

Pada malam penutupan tersebut, diumumkan pula para pemenang lomba pada kategori presentasi dan poster, yang terbagi ke dalam 7 bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), yaitu PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Penelitian bidang sosial humaniora (PKM-PSH), PKM Penelitian bidang eksakta (PKM-PE), PKM Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M), PKM Karsa Cipta (PKM-KC), PKM Kewirausahaan (PKM-K), dan PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT). Masing-masing kategori, baik presentasi maupun poster, terbagi ke dalam 21 kelas penilaian pemenang.