Ditulis pada tanggal 24 May 2011, oleh admin, pada kategori Berita, Pengumuman

Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM akan menyelenggarakan “Bursa Lapangan Usaha dan Kesempatan Kerja Melalui Usaha Franchise dengan Dukungan Pembiayaan dari LPDB-KUMKM Tahun 2011“. Acara ini diselenggarakan guna menanggulangi salah satu problema yang dihadapi pemerintah saat ini, yakni untuk menciptakan lapangan usaha/kerja dan penyerapan tenaga kerja. Acara ini program kerjasama LPDB-KUMKM dengan Deputi Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM. Kemas Danial, Direktur Utama LPDB-KUMKM mengatakan, acara ini diharapkan membuka kesempatan bagi para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) UKM agar lebih berperan mengembangkan usahanya. “Ini merupakan upaya pemerintah mengoptimalkan peran serta usaha franchise untuk membangun ekonomi nasional. Kegiatan ini melibatkan beberapa instansi terkait maupun lembaga-lembaga sponsor,” ujarnya, hari ini.

LPDB akan menampilkan 120 perusahaan franchise maupun business opportunity (BO) terbaik di bidangnya, dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wirausahawan baru di berbagai bidang usaha dengan pola franchise.

Lapangan kerja yangdiharapkan tumbuh dari kegiatan ini pada sektor UKM, dan dampaknya bisa mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran. Terutama bagi mereka yang tidak mampu melanjutkan pendidikan dan tidak memiliki modal usaha. Namun memiliki keinginan berusaha.

LPDB-KUMKM juga mengharapkan kehadiran masyarakat umum, a.l. dari asosiasi terkait, media dan pelajar. Lebih dikhususkan bagi mereka yang memiliki keingintahuan mengenai waralaba dan sistem permodalannya.

Informasi lain yang tersedia adalah klinik pola usaha franchise, sistem dan proses pendanaan serta dukungan pemerintah terkait pengembangan usaha franchise. Pada saat sama diadakan penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara LPDB-KUMKM dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, serta LPDB-KUMKM dengan para UKM waralaba.

LPDB-KUMKM akan memberi dukungan khususnya kepada usaha franchise dan business opportunity dalam bidang pembiayaan. Lembaga ini juga berpartisipasi aktif dalam masyarakat sebagai upaya mendorong percepatan program pemerintah dalam menyediakan lapangan usaha dan mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.

Tema acara ini adalah “Dengan Tumbuh Kembangnya UKM Franchise/BO, Tumbuhkan Lapangan Usaha dan Lapangan Kerja. Lembaga pembiayaan seperti bank dan non-bank, BUMN/BUMD, Koperasi dan institusi lainnya hadir memberi solusi bagi calon wirausaha. (ra)

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada hari Jum’at s/d Minggu tanggal 27-29 Mei 2011 di Gedung SMESCO UKM Jalan Jend. Gatot Subroto Kav.94 Jakarta Selatan.