Ditulis pada tanggal 1 April 2013, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Dalam rangka memperingati Dies Natalis Universitas Brawijaya ke-50, Unit Kegiatan Mahasiswa di bidang catur, Brawijaya Chess Club menyelenggarakan turnamen tingkat internasional. Kegiatan yang bertajuk Asean University Chess Tournament 2013 (AUCT 2013) ini secara resmi dibuka oleh Rektor pada Senin (1/4) di gedung Samanta Krida, Universitas Brawijaya.Ketua Pelaksana AUCT 2013, Ghirah Rizqy Daniar, menyatakan kegiatan ini pertama kalinya diadakan. “Turnamen ini pertama kalinya diadakan. Sebelumnya kami juga mengadakan turnamen catur Raja Brawijaya untuk kalangan internal. Kali ini, kami mencoba mengadakan turnamen dengan tingkat internasional”, ujarnya kepada Prasetya.

Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito, MS dalam sambutannya menyambut baik diadakannya kegiatan ini. “Untuk menuju universitas berskala internasional, maka kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan. Kami salut kepada BCC yang baru berusia 2 tahun tapi mampu mengadakan acara seperti ini”, ujar Rektor.

AUCT 2013, dijelaskan Rizqy, diikuti oleh 111 peserta yang terbagi dalam empat kategori, yaitu mahasiswa putra dan putri, dan siswa SMA putra dan putri. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Senin hingga Kamis (1-5/4).Dengan sistem Swiss Pairing dan jenis permainan catur Classic, para peserta akan diadu strateginya untuk mendapatkan poin tertinggi.

“Turnamen ini juga diikuti oleh para master tingkat nasional dan internasional dari Universitas Gunadarma dan UB. Para wasit yang kami datangkan juga memiliki sertifikasi nasional dan internasional Kedepannya, turnamen sejenis akan diadakan setiap dua tahun, namun tidak menutup kemungkinan akan diadakan setiap tahun,” imbuh mahasiswa Fakultas Peternakan ini.

sumber